Popular Post

Powered by Blogger.

Written By admin on Saturday, October 18, 2014 | 3:31 PM

Secara umum antara tumbuhan dan hewan mempunyai perbedaan ciri-ciri makhluk hidup meskipun keduanya termasuk makhluk hidup. Apa saja perbedaannya? Berikut ini penjelasan singkat perbandingan perbedaan ciri-ciri hewan dan tumbuhan.

Ciri-ciri Hewan Sebagai Makhluk Hidup

  1. Hewan bergerak secara aktif sehingga dapat berpindah tempat pada radius yang sangat jauh. Gerakan pada hewan didukung oleh struktur tubuhnya yang berupa tulang, otot dan saraf.
  2. Hewan bersifat konsumen karena tidak dapat membuat makanan sendiri. Bahan makanan berupa zat organik diperoleh dari tumbuhan, hewan lain atau bahan sisa.
  3. Hewan bernapas untuk mengambil oksigen (O2) dan mengeluarkan karbondioksida (CO2). Hewan memiliki sistem pernapasan khusus yang berbeda-beda, misalnya paruparu, insang, trakhea.
  4. Hewan sangat peka terhadap semua jenis rangsangan, suara, sentuhan (gerak), bau (zat kimia), cahaya, karena memiliki sistem saraf, dan sistem alat greak khusus. Respon yang dilakukan berupa gerakan yang cepat (reflek) atau tingkah laku tertentu, misalnya dalam perkawinan.
  5. Hewan mengalami pertumbuhan sampai batas waktu tertentu selama hidupnya. Mampu meregerasi sel-sel tubuh yang rusak, bahkan ada yang mampu meregerasi organ tubuh yang hilang.
  6. Hewan mengeluarkan bahan yang berbahaya (beracun) misalnya amonia, sisa metabolisme melalui alat khusus (alat ekskresi). Bahan yang diekskresikan berupa gas karbondioksida, air seni (urine), tinja (feses), dan zat kimia tertentu (gas bau).
  7. Hewan berkembangbiak secara seksual (hewan besar) atau aseksual. Hanya beberapa jenis terutama hewan kecil/sederhana yang mampu berkembang biak secara seksual dan aseksual.
 Ciri-ciri Tumbuhan Sebagai Makhluk Hidup

  1. Tumbuhan bergerak secara pasif dan tidak dapat pindah tempat. Tumbuhan dapat bergerak bila ada rangsangan tertentu dari luar. Misalnya pada tumbuhan insektivora.
  2. Tumbuhan sebagai produsen, karena mampu menghasilkan makanannya sendiri secara fotosintesis. Bahan makanan berupa zat anorganik (CO2 dan H2O) diperoleh dari sekitarnya.
  3. Keluar masuknya udara pernapasan terjadi seluruh bagian tumbuhan yaitu di daun, batang dan akar. Fotosintesis terjadi pada siang hari, pernapasan terjadi setiap saat.
  4. Tumbuhan tidak mampu merespon semua jenis rangsangan, tetapi hanya jenis tertentu, misalnya sentuhan dan cahaya sangat lambat, karena tumbuhan tidak memiliki sistem saraf dan sistem alat gerak khusus.
  5. Tumbuhan mengalami pertumbuhan secara kontinyu selama usia hidupnya. Tidak mampu meregerasi organ tubuh yang hilang.
  6. Tumbuhan mengeluarkan bahan sisa melalui mekanisme transpirasi berupa uap air dan oksigen serta karbondioksida.
  7. Hampir semua jenis tumbuhan mampu berkembang biak secara seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif).

0 comments:

Post a Comment

Klinik Biologi© 2014. All Rights Reserved. Template By Seocips.com
SEOCIPS Areasatu Adasenze Tempate Tipeex.com